Selamat datang di blog indonesian-sailor.blogspot.com telah tersedia beragam berita dan informasi seputar dunia Pelaut untuk anda :)

Tugas dan tangggung jawab 2nd Officer


Tugas - tugas dan tanggung jawab 2nd Officer.
2nd Officer adalah petugas yang bertanggung jawab atas tugas Navigasi di bawah pengawasan dan arahan dari Nahkoda. 2nd Officer harus membantu Chief Officer untuk operasional cargo dan semua aspek tanggung jawab Chief Officer. Bila tidak adanya Chief Officer, 2nd Officer dapat mewakili Chief Officer sehubungan dengan operasional cargo. Dia bertanggung jawab kepada Nakhoda untuk semua aspek tanggung jawabnya yang dijelaskan di sini. Di laut 2nd Officer sesuai tugas jaga laut pada jam 00-04 dan 12-16, yang telah ditetapkan oleh Nakhoda alat -alat Navigasi dan GMDSS merupakan  bertanggung jawab 2nd Officer.
Tanggung Jawab Khusus 2nd officer melapor kepada Nakhoda mengenai masalah navigasi dan medis dan melapor kepada Chief Officer  mengenai masalah muatan, perawatan dan operasional rutin. 
2nd officer bertanggung jawab atas : 
1. Tugas Jaga navigasi
2. Pemeliharaan dan perawatan seluruh instrumen
    dan perlengkapan navigasi di kapal. 
3 . Menyelenggarakan Buku Log Koreksi Peta
4. Pemeliharaan, permintaan, koreksi dan 
    pemutakhiran seluruh publikasi nautika yang 
    diperlukan untuk keselamatan navigasi kapal
5. Menginformasikan kepada nakhoda untuk
    memperoleh berita Pelaut terbaru. 
Kapal yang berlayar di perairan Indonesia harus menggunakan Peta Indonesia.
2nd officer harus menyiapkan kebutuhan pelayaraan
1 .Pengelolaan obat-obatan kapal dan perbekalan 
    medis,Seluruh obat-obatan harus selalu yang 
    terbaru dan diganti sebelum kadaluarsa. Harus 
    tercatat dan terdata mengenai pemakaian medis 
    dan crew yang meminta obat dilaporkan kepada
    Nakhoda tiap bulan untuk diketahui (endorse)
2 .Pengelolaan dan permintaan alat tulis dan semua
    formulir cetakan dari Perusahaan untuk semua 
    departemen kapal.
Operasi Muatan
 1 . 2nd officer  bertanggung jawab langsung kepada
      Chief officer atas efisiensi menajemen pekerjaan 
      muatan dan keselamatan kapal selama periode
      kerja dibebankan kepadanya.
 2. Pada waktu tugas jaga muatan atau tugas deck ia 
     harus memastikan bahwa perlengkapan dan alat 
     kerja terpasang dengan baik dan dioperasikan 
     secara aman. 
    Tambatan harus sering diperiksa, khususnya di 
    pelabuhan yang arusnya kuat atau perbedaan 
     pasang surutnya tinggi .
Tugas 2nd officer : 
 1. Pemeliharaan atas seluruh perlengkapan 
     komunikasi yang berada dibawah tanggung 
     jawabnya, menyelenggarakan catatan yang 
     diperlukan dan Buku Log mengenai Lalu Lintas 
     Radio dan pemeliharaan perlengkapan.
 2. Pemeliharaan dan perawatan atas perlengkapan 
     radio darurat serta perlengkapan dan transceiver
     radio pesawat penyelamat (walkie talkie) yang ada
    di kapal.
3. Penyampaian seluruh rekening lalu lintas
    radio/inmarsat dalam minggu pertama tiap bulan 
    pengiriman berita hanya dengan persetujuan
    Nakhoda dan Seluruh berita resmi dan privat yang
    diterima harus disampaikan kepada Nakhoda. 
 4.  Untuk memastikan bahwa seluruh dokumen yang
     disyaratkan oleh penguasa pelabuhan lengkap 
     sebelum kapal tiba di atau bertolak dari pelabuhan
     dan persyaratan dari pejabat pelabuhan yang 
     memberikan ijin masuk.
5. Untuk memberikan cetakan (print-out) ramalan
    cuaca dan facsimile yang mutakhir setiap hari dan
    paling sedikit 6 jam sebelum kapal bertolak.
6. Kepada Nakhoda atas tugas tambahan seperti 
    penanganan perlengkapan di anjungan pada waktu
    tiba atau tolak dari pelabuhan, dsb, tetapi prioritas
   harus diberikan pada tugasnya sebagaimana diatur
   oleh SOLAS.
7.Mempersiapkan document dan Checklist Berhenti 
   bekerja dari Kapal (sign-off)ke Perwira/ crew harus
   mempersiapkan suatu checklist untuk penggantinya
   pada waktu ia berhenti berdinas dari kapal.  
   Daftar ini harus ditanda tangani oleh Nakhoda


2nd Officer bertanggung jawab :
 - Atas perencanaan pelayaran di bawah Petunjuk dan perintah Nakhoda. 
-  Memberi tahu Nakhoda tentang bagan dan publikasi yang diperlukan untuk pelayaran. 
- Inventaris kapal dan koreksi peta.
- Melaporkan perencanaan pemeliharaan dan catatan peralatan kapal, termasuk inventarisasi suku cadang.
- Memberikan atau menulis semua laporan dan catatan tentang navigasi. 
- Uji dan catatan peralatan GMDSS.
ADMINISTRASI 
Administrasi dan Pencatatan laporan 2nd Officer bertanggung jawab untuk membantu Nakhoda untuk pengendalian dokumen-dokument kapal,namun tidak terbatas,daftar file sesuai sistem pengarsipan ISM atau ISPS untuk menjaganya. 
Memastikan semua laporan terjadwal sesuai tgl dan bulannya dan mempersiapkan permintaan sesuai kebutuhan teknis kapal dan membantu dalam docking undocking operations di bawah arahan Nakhoda. Pemeliharaan dan inventarisasi semua stasioner di atas kapal.
See you a latter.......  Guys... 



Share

1 comments :

  1. Dear : Custumer Import & Domestics
    Kami dari PT. TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.



    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang inggin dipertayakan, silahkan hubunggi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com

    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id

    ReplyDelete