Selamat datang di blog indonesian-sailor.blogspot.com telah tersedia beragam berita dan informasi seputar dunia Pelaut untuk anda :)

Wisata Kota Balikpapan

KOTA BALIKPAPAN

Balikpapan merupakan sebuah kota di Kalimantan Timur, Indonesia. Balikpapan memiliki penduduk sebanyak 735.850 jiwa, yang merupakan 22 % dari keseluruhan penduduk Kaltim. Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia. Logo dari kota yang sering disebut Kota Minyak (Banua Patra) dan Bumi Manuntung ini adalah beruang madu, maskot Balikpapan yang mulai di ambang kepunahan. Nama asli Balikpapan adalah Billipapan atau Balikkappan(logat Banjar).
Kilang minyak
Suku asli Balikpapan adalah Suku Balik yang merupakan suku minoritas.Suku Balik biasanya digabungkan ke dalam Suku Paser karena dianggap serumpun sehingga disebut Paser-Balik, padahal sebenarnya Suku Balik tidak mau serta merta disamakan dengan Suku Paser, karena terdapat beberapa perbedaan. Seperti yang terjadi di kawasan Kalimantan lainnya, Suku Banjar yang datang ke Balikpapan menyerap unsur-unsur suku lokal melalui perkawinan campur (hibrida) dengan Suku Balik dan Suku Paser yang memunculkan komunitas Banjar-Balik. Secara garis besar ada lima budaya dasar sukubangsa asal Kalimantan yang disebut Rumpun Kalimantan, empat di antaranya terdapat di Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan yaitu: Banjar, Kutai, Dayak, Paser yang biasa disingkat Komunitas BAKUDAPA atau jika ditambah etnis Tidung menjadi BAKUDAPATI (akronim Banjar, Kutai, Dayak, Paser, Tidung) jika dihitung mencapai 31,39% populasi (sensus tahun 2000). Di antarakeempat suku asal Kalimantan tersebut, Suku Banjar merupakan yang terbanyak sejak masa kolonial. Selain empat suku di atas, banyak pula suku-suku asal dari pulau Sulawesi, Jawa, Sumatera, dan pulau lainnya sehingga yang pada awal pertumbuhan kota Balikpapan setidaknya terbentuk tiga kantong permukiman Banjar, Jawa dan Bugis.

Tempat-tempat wisata Balikpapan:


1. Danau Cermin Lamaru.
Lokasi: Lamaru, Balikpapan Tim., Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

 2. Bukit Alpha.

Lokasi: Manggar, Balikpapan Tim., Kota Balikpapan.

3. Hutan Mangrove Balikpapan.

:Lokasi: Marga Sari, kota Balikpapan.

4. Pantai Kemala. 
Lokasi: Jalan Sudirman, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

5. Pantai Lamaru.
Lokasi:  Jl. Mulawarman, Lamaru, Balikpapan Tim., Kota Balikpapan.

6. Pantai Batu.

Lokasi: Prapatan, Balikpapan, Kota Balikpapan.

7. Pantai Melawai.
Lokasi: Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

8. Pantai Manggar Segarasari.

Lokasi: Jl. Pantai Manggar Segarasari, Manggar, Balikpapan Timur.

9. Pantai Monpera.
Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Klandasan Ulu, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

10. Pantai AURI Sepinggan.
Lokasi: Sepinggan, Balikpapan Sel., Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

12. Pantai Sepinggan.
Lokasi: Jalan Sepinggan Raya 1, Sepinggan, Balikpapan Sel., Kota Balikpapan




.
Share

3 comments: