Selamat datang di blog indonesian-sailor.blogspot.com telah tersedia beragam berita dan informasi seputar dunia Pelaut untuk anda :)

Wisata Samarinda (kalimantan timur)

Kota Samarinda merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Timur, Indonesia serta salah satu kota terbesar di Kalimantan. Samarinda memiliki wilayah seluas 718 km² dengan kondisi geografi daerah berbukit dengan ketinggian bervariasi dari 10 sampai 200 meter dari permukaan laut. Kota Samarinda dibelah oleh Sungai Mahakam dan menjadi gerbang menuju pedalaman Kalimantan Timur melalui jalur sungai, darat maupun udara.

Kota ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Samarinda. Samarinda punya banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian , sampai air terjun yang sangat memanjakan mata dan harus segera kalian explore.


Mengenai asal mula nama Samarinda, tradisi lisan penduduk Samarinda menyebutkan, asal-usul nama Samarendah dilatarbelakangi oleh posisi sama rendahnya permukaan Sungai Mahakam dengan pesisir daratan kota yang membentenginya. Tempo dulu, setiap kali air sungai pasang, kawasan tepian kota selalu tenggelam. Selanjutnya, tepian Mahakam mengalami pengurukan/penimbunan berkali-kali hingga kini bertambah 2 meter dari ketinggian semula.


Oemar Dachlan mengungkapkan, asal kata “sama randah” dari bahasa Banjar karena permukaan tanah yang tetap rendah, tidak bergerak, bukan permukaan sungai yang airnya naik-turun. Ini disebabkan jika patokannya sungai, maka istilahnya adalah “sama tinggi”, bukan “sama rendah”. Sebutan “sama-randah” inilah yang mula-mula disematkan sebagai nama lokasi yang terletak di pinggir sungai Mahakam. Lama-kelamaan nama tersebut berkembang menjadi sebuah lafal yang melodius: “Samarinda”.

1. Jembatan Mahakam.
Lokasi: Jl. Jembatan Mahakam, Sungai Keledang, Samarinda Seberang, Kota Samarinda.

2. Patung Pesut Tepian.

Lokasi: Jl. Gajahmada, Depan Kantor Gubernur Kalimantan Timur.Samarinda ulu kota Samarinda. 

3. Masjid Baitul Muttaqien.

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No.1, Tlk. Lerong Ulu, Sungai Kunjang, Kota Samarinda.

4. Teluk Lerong Garden.
Lokasi: Jl. RE Martadinata, Tlk. Lerong Ilir, Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

5. Air Terjun Pinang Seribu.

Lokasi: Sempaja Utara, Samarinda Utara, Kota Samarinda.

6. Air Terjun Tanah Merah.

Lokasi: Jl. Muara Badak – Samarinda, Tanah Merah, Samarinda Utara, Kota Samarinda.

7. Pulau Kumala.


Lokasi: Jl P Kumala, Loa Ipuh, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara.

8. Mesjid Islamic Center. 

 Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No.1, Tlk. Lerong Ulu, Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243
 Haiii guys saya akan perkenalkan beberapa tempat wisata di propensi Kalimantan Timur.
Kalimantan Timur (Borneo) 
 Mari guys kita kunjungi kota di kalimantan Timur yang terkenal dengan berbagai flora dan faunanya dan tempat wisata alamnya yang indah.
Lihat wisata lainnya di Kalimantan Timur

Share

0 comments:

Post a Comment